Kamis, 15 Maret 2012

Biaya Produksi Jangka Panjang

Sebagaimana telah dijelaskan pada pemahaman teori tentang biaya sebelumnya diketahui bahwa dalam jangka panjang (umumnya lebih dari setahun)semua biaya perusahaan bersifat variable, artinya perusahaan tidak lagi memiliki beban tetap yang harus di keluarkan dalam masa produksi melainkan semua biaya yang dikeluarkan berhubungan dengan proses dan operasional produksi. Sebagai missal upah atau gaji tenaga kerja dalam jangka digolongkan sebagai biaya tetap, akan tetapi dalam jangka panjang gaji atau upah itu bukan lagi merupakan beban tetap akan tetapi telah menjadi variable karena telah mempertimbangkan factor internal (kinerja dan kapasitas produksi) dan factor eksternal (inflasi atau biaya hidup).Dengan demikian secara matematis biaya total (TC)=TVC,dalam hal ini :
Oleh karena dalam jangka panjang semua biaya bersifat variable, maka konsep terpenting darinya tentu saja adalah seberapa besar biaya rata-rata yang di keluarkan dalam masa produksi dan operasional perusahaan. Secara umum setiap produkasi dalam jumlah yang banyak pastilah mengalami masa skala ekonomis lalu kemudian akan mengalami masa non ekonomis karena tambahan biaya lebih besar dari tambahan produksi (dalam nilai).
Secara teoritis berdasarkan persamaan matematis nya, biaya jangka panjang rata-rata (LRAC) akan membentuk kurva yang cekung (membuka ke atas) untuk kasus dimana setiap produksi mengalami skala non ekonomis terlebih dahulu kurvanya berbentuk cembung (membuka keatas). Kurva biaya jangka panjang ini terbentuk dari gabungan biaya rata-rata jangka pendek dalam jumlah yang berhingga . Biaya jangka pendek teoritis menunjukkan model kapasitas secara kemampuan produksi dari perusahaan sehingga setiap terjadi kenaikan biaya aatas tambahan produksi maka perusahaan akan mengganti dengan model produksi yang lainnya dimana produksi masih dalam kondisi yang ekonomis. Ilustrasi berikut ini akan mempermudah pemahaman

Sumber : Putong, Iskandar. 2010. Ekonomi Pengantar Mikro dan Makro Edisi: 4. Jakarta : Mitra Wacana Media

2 komentar:

  1. good,,,
    bisa tw facebook kamu,, kbetulan saya anak ekonomi juga.

    BalasHapus
  2. kita juga punya nih artikel mengenai 'Biaya Produksi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6236/1/JURNAL.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus