Kamis, 15 Maret 2012

Macam Biaya Jangka Pendek

Secara bisnis biaya total yang bersifat progresif relatif jarang kecuali bagi perusahaan yang cara kerjannya tidak efisien, menggunakan mesin-mesin tua dan aus, atau bisa juga perusahaan yang banyak menggunakan teknologi tinggi dan terkini. Yang paling umum pada perusahaan adalah biaya total proporsional dan degresif. Biaya total yang bersifat degresif berhubungan dengan skala ekonomi produksi (perbandingan terbalik antara produksi ddengan biaya). Lebih umum lagi biasannya sifat dari biaya itu tergabung dalam satu operasi produksi perusahaan sehingga kemungkinannaya adalah :
a.    Tahap awal produksi biaya meningkat secara progresif karena masih kurang penghematan dan efisiensi produksi.
b.    Tahap awal biaya bertambah secara proposional lalu menurun akan tetapi karena skala produksi semakin membesar maka biaya bertambah secara progresif.
c.    Tahap awal biaya bersifat progresif lalu hanya sebentar bersifat proposional kemudiaan akan cenderung degresif.

Macam biaya jangka pendek berikutnya adalah :
1.  Biaya tetap rata-rata ( Average Fixed Cost = AFC ) adalah proporsi biaya tetap terhadap jumlah produksi (output) atau setara dengan FC : Q.
2. Biaya variabel rata-rata (Average Variable Cost = AVC) adalah proporsi biaya variabel terhadap jumlah produksi atau setara dengan VC : Q.
3. Biaya total rata-rata (Average Total Cost = Average Cost =AC) yaitu proporsi biaya total terhadap jumlah produksi. Jadi biaya total rata-rata tidak lain adalah jumlah biaya tetap rata-rataditambah dengan biaya produksi/unit.
4.    Biaya Marginal (Marginal Cost = MC) yaitu tambahan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk penambahan unit yang di produksi.

   Sumber : Putong, Iskandar. 2010. Ekonomi Pengantar Mikro dan Makro Edisi: 4. Jakarta : Mitra Wacana Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar